Streaming Video – Dampaknya pada Situs Web

Situs web video streaming terus-menerus mengirimkan dan menerbitkan video dan konten audio terkait di halaman web. Pengguna akhir dapat melihat konten media secara real time tanpa harus mengunduh file media. Streaming video mengacu pada mekanisme distribusi media dan bukan media itu sendiri.

Streaming video di komputer, sebagai sebuah konsep muncul sekitar tahun 1970-an. Namun, karena kemampuan teknis yang tidak memadai dan biaya sumber daya yang tinggi, kemajuannya sedikit terhuyung. Saat ini, dengan teknik seperti streaming benar dan streaming HTTP, lebih banyak situs web memanfaatkan streaming video. Ketika merancang situs web video streaming, orang perlu memahami bahwa konsep memiliki streaming video pada dasarnya terletak pada dua faktor – format file video dan teknik streaming.

  • ‘Windows Media’, ‘Quicktime’, ‘RealMedia’, ‘MPEG’, ‘Flash objek’ adalah beberapa format file yang dapat digunakan untuk streaming video. Pilihan format file sangat penting karena situs web dapat melayani spektrum pengguna yang luas di seluruh wilayah geografis. Oleh karena itu perlu untuk memahami jenis bandwidth internet, perangkat keras dan sumber daya perangkat lunak sehingga semua pengguna difasilitasi dengan informasi yang ingin disediakan oleh nonton film gratis Anda.
  • Faktor lain yang penting dalam streaming video adalah metode streaming itu sendiri. ‘Mengunduh’ adalah metode yang paling mendasar dan sederhana, di mana file video diunduh ke beberapa folder sementara dan kemudian diputar di pemutar media yang diinstal di komputer itu. Metode lainnya adalah ‘streaming’ di mana waktu tunggu idealnya dapat diabaikan. Video ditampilkan saat dan ketika diunduh. Namun, jumlah buffering tertentu dapat terjadi tergantung pada kecepatan koneksi internet.

Streaming video banyak digunakan dalam siaran langsung acara langsung. Ini juga disebut sebagai webcast atau netcast. Situs web video streaming menggunakan jenis server streaming khusus. Dimungkinkan untuk memiliki pengaturan server Anda sendiri atau membelinya dari beberapa penyedia. Anda memerlukan server web yang kuat dengan perangkat lunak streaming yang diinstal di dalamnya.

Beberapa perangkat lunak streaming video yang tersedia termasuk ‘Macromedia Communication Server’, ‘Apple Quicktime Streaming Server’, ‘Helix Universal Server’, dan sebagainya. Terlepas dari sumber daya ini, perangkat lunak konversi juga diperlukan yang akan mengkonversi file video ke format yang diperlukan yang dapat dengan mudah diterbitkan dan disiarkan di internet. ‘Final Cut Pro’ dan ‘Adobe Premiere’ adalah beberapa alat konversi yang banyak digunakan.

Streaming video juga diatur oleh berbagai protokol yang mempertimbangkan kinerja teknis, masalah kualitas, keandalan, faktor biaya, dan masalah hukum dan sosial. Multicast, Peer-to-Peer, IP Multicast, Unicast, User Datagram Protocol, dan Real-time Transport Protocol adalah beberapa protokol yang dipertimbangkan ketika merancang jaringan yang mendukung streaming video.

Situs web streaming video perlu mempertimbangkan faktor biaya sebelum membuat keputusan untuk memiliki siaran video streaming. Pastikan bahwa streaming video benar-benar diperlukan untuk bisnis Anda, karena memiliki situs web streaming video dengan siaran langsung benar-benar urusan yang mahal. Transfer data, khususnya multimedia sangat mahal dan biasanya dibebankan dalam hal gigabita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *